Share info!
Cara memanfaatkan pengeluaran tagihan jadi penghasilan jutaan tanpa modal!

 

TERJEMAHAN MUKADIMAH KITAB Sirrul Jalil Fii Khowaasi Hasbunallooh Wa Ni’Mal Wakil

Bismillah hirohman nirrohim

Sesepuh, guru kita, manusia yang sangat bijak dan tinggi ilmunya, pembimbing para pelajar, dan persemedian para pencari ilmu, manusia yang telah mampu menapaki tangga keilmuan yang tinggi, manusia yang telah mendapatkan keutamaan yang tinggi.

Yaitu manusia yang telah diberi darah keturunan mulia (keturunan Rasulullah SAW), panglima para wali dan panutan para ulama yang mengamalkan ilmunya yaitu Sayyid Abu Alhasan Asyadzili bertutur dalam kitabnya Al Ikhtishas Min Alfawaid Alqur’aniyyah Wa Alkhowash sbb:

Segala puji bagi Allah SWT SWT, sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada utusanNya SAW. Yaitu manusia termulia yang telah bersabda “bila kalian mengalami perkara besar maka bacalah:

HASBUNALLOOHU WA NI’MAL WAKIIL.

Artinya “cukuplah bagi kami Allah SWT dan Dia adalah sebaik-baik wakil (yang menyelesaikan permasalahan kami).

Telah diriwayatkan dari Abdillah bin Barid, dari ayahnya bahwa Rasulullah SAW bersabda “siapa yang membaca sepuluh kali tiap setelah shalat subuh maka ia menjumpai Allah SWT baginya sebagai Dzat yang mencukupinya, meridhoinya dalam lima hal untuk perkara dunia dan lima hal untuk perkara akhiratnya.

Bacaan itu adalah:

HASBIYYALLOOHU LI DIINII, HASBIYALLOOHU LI MAA AHAMMANII, HASBIYALLOOHU LIMAN BAGHOO ‘ALAYYA, HASBIYALLOOHU LIMAN HASADA BII, HASBIYALLOOHU LIMAN KAADANII BISUU’IN, HASBIYALLOOHU ‘INDAL MAUTI, HASBIYALLOOHU ‘INDAL MAS’ALATI FIL QOBRI, HASBIYALLOOHU ‘INDAL MIIZANI, HASBIYALLOOHU ‘INDASSHIROOTHI, HASBIYALLOOHU LAA ILAAHA ILLA HUWA ‘ALAIHI TAWAKKALTU WA ILAIHI UNIIBU.

Artinya “cukuplah Allah SWT bagiku dalam agamaku, cukuplah Allah SWT bagiku dalam hal yang menyusahkanku, cukuplah Allah SWT bagiku dalam orang yang jahat kepadaku, cukuplah Allah SWT bagiku dalam orang yang dengki kepadaku, cukuplah Allah SWT bagiku bagi orang yang mendekatiku untuk berbuat keji, cukuplah Allah SWT bagiku pada saat kematianku, cukuplah Allah SWT bagiku pada saat pertanyaan di alam kubur, cukuplah Allah SWT bagiku pada saat amal diperhitungkan, cukuplah Allah SWT bagiku pada saat melintasi
shirothol mustaqim,
cukuplah Allah SWT bagiku tiada Tuhan selain Dia (Allah SWT) dan padaNya aku berserah diri dan padaNya pula aku kembali.


Diriwayatkan dari Abdullah bin Amrin bin ‘Ash r.a. bahwa ia berkata “siapa yang pada saat subuh membaca 3 x dan sore membaca 3 x. yaitu bacaan:

“HASBIYALLOOHU WA NI’MAL WAKIL”

Artinya: cukuplah bagiku Allah SWT dan sebaik-baik wakil bagiku adalah Allah SWT.

Maka ia niscaya dalam kemanaan dan perlindungan Allah SWT SWT selama ia tidak menghancurkannya sendiri dengan (melakukan) dosa besar.

Diriwayatkan dari Hudzaifah bin Yamani r.a, dari Rasulullah SAW bahwa beliau bersabda: siapa yang membaca:

“HASBIYALLOOHU WA NI’MAL WAKIL”

Artinya: cukuplah bagiku Allah SWT dan sebaik-baik pelindung bagiku adalah Allah SWT. Sebanyak 7 kali maka Allah SWT SWT berfirman:

“sungguh, Aku selalu mencukupinya baik ia jujur maupun berbohong (dalam bacaannya)”.

Ketahuilah, semoga kita senantiasa diberi kekuatan dan petunjuk supaya mampu melaksankan ibadah kepada Allah SWT SWT serta dapat memahami kekuasaanNya yang tersembunyi.

Bahwa ayat ini (HASBUNALLOOHU WA NI’MAL WAKIL) memiliki keistimewaan dan keutamaan sangat banyak. Dan tidak ada yang bisa mengetahui secara keseluruhan selain Allah SWT SWT.

Hal ini bukanlah petunjuk dari ilmu perbintangan, seorang dukun atau hanya kebetulan saja. Melainkan bersumber langsung dari kitab Allah SWT SWT.

Maka, kapanpun Anda bisa melaksanakan (bagian dari keistimewan HASBUNALLOOHU WA NI’MAL WAKIL) ini.


Saya telah membeberkan keistimewaan ayat mulia ini dengan keterangan yang belum pernah digambarkan oleh seorangpun.

Lain dari itu, saya lengkapi dengan keterangan yang indah dan mahal sehingga saya mendapatkan pertolongan Allah SWT hingga dapat saya sertakan rumus-rumus dan pendapat sahabat Nabi yang shahih.

Kemudian ketahuilah bahwa rahasia-rahasia semacam ini tidaklah dapat dijumpai selain mendapatkan pertolongan dan petunjuk Allah SWT SWT.

Saya telah menyelami keilmuan makrifat yang tinggi, membuka tabir jalan rahasia yang suci, maka apabila mereka (manusia) telah mendengarkan ilmu hakikat dan telah bersemayam di dalam dirinya ilmu Thariqat, perbincangan jarak jauh sangatlah mudah.

Inilah yang menjadi sebab kenapa ilmu rahasia semacam ini disembunyikan. Sebab ilmu ini adalah ilmu Tuhan dan rahasia Sang Maha Pemurah dimana tidaklah bisa mendekatinya manusia-manusia setan (manusia yang masih menuruti bujukan Setan) dikarenakan ilmu ini merupakan rahasia yang tertutup rapat dan tidak bisa disentuh selain oleh mereka yang disucikan (dari dosa).

Lalu, insya Allah SWT, dengan segala ampunan Allah SWT yang Terpuji, dan Maha Qadim (Dahulu tanpa ada yang mendahului) yang Maha Tinggi, saya akan (mencoba) meletakkan dasar-dasar kitab ini dengan berbagai Bab.

Dan semua ini hanyalah sebab pertolongan Allah SWT SWT semata yaitu Tuhan yang Maha Memiliki dan Maha Pemberi. Dan aku berkata: “HASBUNALLOOHU WA NI’MAL WAKIL”.

|referensi|