Burung parkit juga cukup rentan terhadap serangan berbagai jenis penyakit. Maka dari itu,kita sebagai juragan juga harus cepat tanggap jika melihat tanda-tanda burung parkit peliharaan kita mengalami gejala sakit.

Langkah yang perlu diambil jika terdapat gejala perkit sakit seperti di bawah.

Bagi peternak burung, pasti sudah tidak heran lagi jika burung parkitnya mengalami sakit. Karena sudah pasti semua makhluk hidup itu mengalami yang namanya sakit.

Bagaimana jika burung parkit sakit? Apa yang seharusnya dilakukan?

Di bawah ini akan dijelaskan tindakan pertama yang harus dilakukan saat burung parkit sakit.

Kehangatan tubuh

Sebaiknya burung parkit yang sedang sakit dipisahkan dari burung-burung yang kondisi tubuhnya sehat. Lebih bagus lagi jika burung yang sakit dibuatkan kandang sendiri yang diberi alas kertas/koran.

Memberikan kehangatan disini adalah dengan cara melengkapi kandang dengan lampu bohlam yang berkapasitas 35 watt.

Suhu di dalam kandang harus diatur dengan benar. Suhu maksimal untuk di dalam kandang adalah kurang lebih 36 derejat Celcius.

Ketenangan bagi burung parkit

Lingkungan yang jauh dari kebisingan adalah salah satu cara yang ampuh untuk mengusir stres pada parkit. Ketika burung sedang mengalami sakit, maka jangan sekali-kali peternak membawanya ke tempat keramaian.

Bagaimana kalau peternak tetap membawanya pada keramaian? Kalau peternak membawanya ke tempat keramaian maka menambah parah kondisi burung yang sedang sakit dan memperpendek umur burung parkit.

Pemberian pakan yang lebih

Peternak juga perlu memperhatikan gizi yang terdapat dalam makanan burung parkit setiap harinya. Jangan memberikan pakan sembarangan, karena itu bisa membuat parkit sakit.

Salah satu contoh pakan yang terdapat nilai gizinya yaitu seperti sayur-sayuran. Pemberian pakan juga boleh bervariasi. Bisa memberikan pakan dalam bentuk utuh, ataupun juga bisa memberikan pakan parkit dengan cara membuatnya menjadi jus.

Pemberian minum

Ketika burung sedang sakit, burung akan sering mengeluarkan air yang banyak. Hal itu dapat membuat burung menjadi kekurangan air. Kondisi tersebut diperparah pada saat burung sakit, burung jarang dalam mengonsumsi air. Makanan yang terdapat banyak air dapat mengatasi kekurangan air pada bburung parkit.

Penyakit pada burung

Saat kita lambat dalam menangani masalah penyakit. Maka yang terjadi adalah burung parkit lambat laun akan mati.

Berbagai macam penyakit dapat menyerang burung parkit. Salah satu penyakit yang bisa mengakibatkan kematian pada burung adalah diare. Di bawah ini akan dijelaskan tentang penyakit diare.

Diare merupakan penyakit yang sering mengganggu kesehatan burung. Pola makan yang tidak teratur, berlebihan dalam mengonsumsi air, dan sering terkena terpaan angin, itu merupakan penyebab dari penyakit diare.

Cara mengatasinya adalah dengan memberikan dedaunan, salah satunya daun nangka dan daun jambu biji. Jika peternak lambat dalam penanganannya maka yang terjadi adalah kematian pada burung parkit tersebut.

|referensi|