kronologi-kebakaran-rs-mintoharjo-s6Kcj1lTNZ

okezone.com – Kepala Dinas Penerangan TNI AL (Kadispenal), Laksama M Zainudin membeberkan kronologi kebakaran yang terjadi di ruang tabung chamber Pulau Mingas Gedung Ruang Udara Bertekanan Tinggi (RUBT) lama di RSAL Mintoharjo. Insiden tersebut terjadi tadi siang tadi sekira pukul 13.00 WIB.

“Diakibatkan konseleting listrik sehingga menimbulkan asap putih lebat dan pasien yang ada di dalam tabung terbakar dan tidak dapat diselamatkan,” ujar Zainudin kepada awak media, Senin (14/3/2016).

Kejadian bermula sekira pukul 11.30 WIB, dengan tekanan 2,4 atmosfer, kemudian sekitar pukul 13.00 WIB, ketika tekanan baru mulai dikurangi menuju 1 atamosfer, pada pukul 13.10 WIB terlihat percikan api di dalam chamber.

Operator dengan cepat membuka system fire tapi api dalam chamber secara cepat langsung membesar dan tekanan dalam chamber naik.

“Dengan cepat sehingga safety valve terbuka dan menimbulkan ledakan. Beberapa saat kemudian api mulai padam namun korban tidak dapat diselamatkan,” imbuhnya.

Akibat insiden tersebut, empat orang dikabarkan tewas. Guna penyelidikan sementara, Pomal bekerja sama dengan Puslabfor Polri untuk melakukan olah tempat kejadian perkara.

|referensi|