Hijab atau jilbab sudah menjadi salah satu tren wanita muslimah sekarang ini.

Zaman sekarang, hijab / kerudung sudah tidak lagi busana yang cuma dipakai untuk menutupi aurat. Akan tetapi lebih dari itu, bahkan para selebriti mulai merambah bisnisnya dalam bidang hijab.

perancang fashion memberi perhatian lebih terhadap model busana yang satu ini. Sehingga, jilbab memiliki peran terhadap daya tarik dan kemodisan seseorang dalam berbusana.

Menurut desainer Nanida Jenahara Nasution Tern Wanita Hijab 2015 Dominasi Hitam Putih, bagaimana dengan macam macam hijab yang umum di pakai di indonesia.

Berikut 5 macam hijab yang beredar di Indonesia khususnya

1. Bergo atau Jilbab Siap Pakai

Bergo adalah salah satu kerudung yang paling praktis di antara kerudung lainnya. Dengan kepraktisannya itu, model bergo tak cuma dipakai untuk keadaan santai, namun dapat juga digunakaan pada acara-acara resmi.

Ini tergantung pada model dan bahan yang dibuat. Di antara beberapa jilbab bergo, ada yang mempunyai pet / spon di sebelah atas (kebanyakan dibentuk separuh lingkaran).

Tujuannya adalah untuk membentuk bagian atas jilbab agar terlihat rapi waktu dipakai.

Contohnya, pet dengan bentuk panjang serta lebar sangat cocok digunakan oleh para perempuan yang mukanya berbentuk lebar, ini berfungsi untuk menutupi sebagian muka biar terlihat agak tirus.

Sedangkan pet yang berbentuk kecil, sangat cocok dipakai oleh para perempuan yang mukanya kecil. Dengan ini, wajah mereka akan terlihat lebih berisi.

2. Jilbab Rajut

Jilbab rajut mirip seperti pashmina, yakni panjang dengan empat sisi. Bagi yang tidak suka bergo, ini adalah alternatifnya karena lebih kasual dan seringkali dikenakan pada kegiatan sehari-hari.

Jilbab rajut juga menjadi pilihan favorit wanita-wanita muslim dalam islam. Mungkin karena detailnya kelihatan sempurna yang diselipkan di sudut-sudut jilbab, dan terkesan sangat mewah bila dikenakan.

Belum lagi jika digabungkan bersama aksesoris-aksesoris tambahan yang pastinya menambah kesempurnaan.

3. Jilbab Segiempat

Dari namanya sudah diketahui kalau jibab ini berbentuk segi empat. Sangat sederhana sekali dan biasanya agak tipis.

Jenis jilbab ini yang paling banyak dikreasikan menjadi berbagai style atau gaya. Selain sudah familiar di pakai di masyarakat, dan sudah sepantasnya wanita muslimah untuk memakai jilbab karena hukum memakai jilbab adalah wajib.

4. Jilbab Segitiga

Beberapa di antaranya memiliki bandana berupa list. Bandana ini memberi kemudahan tersendiri dalam pemakaian dan kesannya pun agak lebih mewah.

Oleh karena itulah, jilbab segitiga yang mewah sangat pas jika dikenakan untuk menghadiri undangan pesta atau kegiatan resmi. Biasanya terbuat dari kain katun serat, katun Paris, sutera, dan polyester.

5. Jilbab Pashmina

Yang terakhir adalah jilbab Pashmina. Pashmina macamnya sangat banyak, salah satunya adalah pashmina ceruti. Terbuat dari bahan seperti sifon dengan tekstur yang halus.

Namun, bahan ini agak sedikit berat, kalau dikenakan akan terkesan jatuh. Secara sekilas mirip bahan dari kaos. Pashmina ceruti lumayan banyak peminatnya, sebab tidak menerawang.

Itulah jenis-jenis kerudung yang sedang tren di Indonesia saat ini. Apa pun Jenis dan macamnya, yang paling penting adalah kita tidak menyimpang dari Hukum Islam, di mana ia berfungsi sebagai penutup aurat.

|referensi|
|gambar : centralkharisma.wordpress, kerudungcantik.org|