Anda yang berniat berlangganan sebuah layanan koneksi internet yang ditawarkan oleh sebuah ISP dan sedang mempelajari layanan mereka melalui situs resmi mereka atau iklan mereka di media masa mungkin akan menemukan sebuah singkatan yang cukup asing bagi anda yaitu FUP, apa sih yang dimaksud dengan FUP itu ?

FUP adalah singkatan dari Fair Usage Policy, terjemahannya adalah kebijakan penggunaan wajar. Biasanya sebuah ISP itu memberlakukan kuota FUP pada layanan koneksi internet “unlimited” mereka, jadi walaupun namanya unlimited alias tanpa batas, tapi sebenarnya dibatasi juga yaitu dibatasi oleh kuota FUP.

Sebagai contoh, layanan koneksi internet unlimited prabayar dari Smartfren Connex yang diberi nama Neo Regular menawarkan kecepatan download sampai dengan 512 kbps (kilobits per second) dengan harga Rp. 49.000,- untuk 30 hari seperti yang bisa anda lihat pada tabel di bawah ini (klik tabel untuk memperbesar) yang saya ambil dari situs resmi mereka per tanggal 16 Maret 2013.

Menggiurkan bukan ? eit! tapi lihat dulu pada bagian FUP-nya, disitu ditulis FUP-nya adalah sebesar 2GB / 30 hari, itu artinya jika anda telah mencapai kuota FUP sebesar 2 GB atau dalam bahasa yang mudah dimengerti anda telah menggunakan pemakaian data sebesar 2 GB baik itu upload maupun download, maka kecepatan download anda akan turun menjadi sampai dengan 153 kbps (kilobits per second).

Jadi layanan koneksi internet-nya tidak benar-benar unlimited karena masih ada yang membatasinya yaitu kuota FUP yang telah saya jelaskan di atas.

Satu lagi yang harus anda ingat bahwa 153 kbps itu adalah 153 kilobits per second, dan bit tidak sama besarnya dengan byte, byte itu lebih besar dari bit, 1 byte itu sama dengan 8 bits.

Jadi jika anda membayangkan bahwa dengan koneksi 153 kbps anda bisa men-download sebuah file dengan ukuran 1 MB (megabytes) / 1024 kB (kilobytes) dalam waktu 6.69 detik, anda salah karena 153 kbps (kilobits per second) itu sama dengan 19.12 kBps (kilobytes per second), perhatikan cara penulisan kbps dan kBps, b kecil (b) untuk bit dan b besar (B) untuk byte.

Jadi untuk men-download file sebesar 1 MB dengan kecepatan koneksi internet 153 kbps anda membutuhkan waktu kurang lebih 53.55 detik.

Penulis Artikel [….]