Kontes SEO, Nasib Newbie Vs Master! Belakangan ini kita sedang dibombardir oleh fenomena kontes SEO. Kontes ini diadakan oleh website-website yang ingin mengejar popularitas dunia maya dari aktifitas review para blogger pesertanya. Adapun peserta kontes SEO itu sudah jelas sangat beragam. Mulai dari master SEO, sampai pemula mencoba peruntungannya.

Lalu bagaimanakah performa pemula di kontes SEO? Saya akan mereviewnya sedikit….

Secara garis besar dari yang saya amati selama ini, para pemula hanya menjadi penggembira di dalam kontes SEO. Tentu saja semakin banyak penggembira, maka semakin senang pula penyelenggara kontes SEO. Tapi review saya kali ini bukanlah untuk menyenangkan para penyelenggara kontes SEO. Saya lebih suka berpihak kepada para blogger….termasuk yang pemula.

Sebenarnya sangat kesal juga melihat banyak blogger pemula yang menghabiskan waktunya di dalam kontes SEO. Bisa anda bayangkan menghabiskan waktu hingga 3 bulan untuk suatu hal yang masih di luar kemampuan anda. Ada baiknya blogger pemula ini mengembangkan kemampuan SEO-nya secara bertahap dulu sebelum mengikuti kontes SEO.

Jangan sampai anda seperti petinju yang baru mencicipi sasana kemarin sore, sudah mau menantang Manny Pacquiao, atau bahkan Klitschko. Masih bagus kalau anda cuma kalah, kalau sampai babak belur dan sekarat di ICU apa untungnya buat anda?

Mungkin anda berkata “Babak belur di ICU? Berlebihan sekali…” Tentu saja anda tidak akan babak belur di ICU saat blogging. Babak belur ini adalah cara saya menggambarkan bahwa anda sudah merugi mengikuti kontes SEO. Mungkin anda bingung lagi dan berkata “Merugi bagaimana maksudnya?”

Begini, coba bayangkan jika anda mengikuti dua kontes SEO saja. Itu berarti anda sudah membuang waktu anda yang berharga untuk mengoptimisasi 2 halaman saja dalam 6 bulan. Itupun kalah telak dan halaman itu menjadi sampah dunia maya. Bagaimana seandainya anda menghabiskan waktu 6 bulan itu jadi blogger biasa saja?

[Baca lebih lanjut]