Pada dasarnya masalah komedo yang sering terjadi dan dialami oleh para remaja yang sedang mengalami masa pubertas adalah hal yang wajar karena secara umum komedo dapat dialami oleh siapa saja dan tidak pernah pandang bulu baik remaja ataupun dewasa. Hanya saja di usia remaja produksi hormon lebih banyak dibanding pada orang dewasa dan itulah salah satu penyebab masalah komedo sering terjadi pada masa remaja terutama pada bagian hidung dan wajah.

Bagaimana Cara Menghilangkan Komedo Secara alami ?

Sebelum kita mengetahui cara-cara menghilangkan komedo di hidung dan wajah kita, akan lebih baik kita mengetahui sebenarnya apa penyebab komedo dapat terjadi. Komedo merupakan salah satu proses penyumbatan kulit yang terjadi akibat adanya penumpukan sel kulit mati dan sebum pada kelenjar minyak pada kulit wajah kita. terdapat 2 jenis komedo yaitu blackhead dan whitehead.

Komedo blackhead disebut juga sebagai komedo terbuka. Blackhead akan terlihat seperti sebuah pori-pori yang besar dengan warna yang kehitaman. Sedangkan whitehead disebut dengan komedo tertutup. Komedo jenis ini tumbuh diatas pori-pori yang akan tersumbat dan terlihat tonjolan putih.

Bebagai pengobatan secara kimiawi memanglah dapat kita temukan di toko-toko obat. Akan tetapi pengobatan secara kimiawi pastilah dapat memberikan efek-efek tersendiri bagi kulit wajah kita. untuk lebih amannya, kita dapat menggunakan pengobatan yang alami.

Dengan menggunakan bahan-bahan yang 100% alami akan lebih baik untuk pemakaian yang rutin dalam perawatan wajah anda.
Tips alami cara menghilangkan komedo yang dapat anda lakukan di rumah

Berikut cara menghilangkan komedo secara alami selengkapnya :

1. Pengobatan alami dengan Putih telur.

Caranya : mulailah untuk memisahkan putih telur dengan kuning telurnya. Lalu campurkan putih telur dengan 1 sendok teh madu. Lalu mulai untuk oleskan pada wajah anda. Diamkan selama 20-30 menit. Bilaslah dengan air hangat. Dengan cara ini akan membantu untuk mengurangi komdo di wajah anda.

2. Pengobatan alami dengan Lidah buaya.

Gunakan lendir dari tanaman lidah buaya sebagai masker untuk daerah wajah yang berkomedo. Fungsi dari lendir Lidah buaya yaitu dapat menghaluskan kulit wajah anda dan juga mempercepat proses penyembuhan kulit termasuk kulit wajah yang komedoan.

3. Pengobatan alami dengan Garam dapur.

Garam dapur dikenal sebagai bahan dapur yang memang multifungsi. Bisa digunakan sebagi obat diare dll. Dengan membaca artikel ini kita dapat mengetahui juga bahwa garam dapur dapat bermanfaat sebagi obat komedo. Cucilah wajah dengan air hangat yang sudah dicampur dengan garam dapur. Fungsi dari air garam ini dapat membantu untuk mengurangi produksi minyak diwajah kita.

4. Pengobatan alami dengan Air putih.

Seperti yang kita ketahui bahwa manfaat air putih memanglah sangat luar biasa. Selain membantu dalam proses metabolism organ tubuh seperti ginjal dll. Air putih juga dapat membantu untuk membersihkan system pencernaan tubuh kita.

5. Pengobatan alami dengan es batu.

Pengobatan alami dengan menggunakan es batu cukup mudah untuk dipraktekkan. Awalnya, ambillah es batu lalu oleskan pada area wajah yang berkomedo kira-kira 10 menit. Manfaat dari es batu yaitu dapat membantu untuk mengecilkan pori-pori wajah kita.

6. Pengobatan alami dengan jeruk nipis.

Jeruk nipis yang mengandung banyak vitamin ternyata mempunyai banyak manfaat untuk menyembuhkan penyakit batuk, menghilangkan lemak, dan bau amis. Dan ternyata jeruk nipis dapat membantu kita untuk mengobati komedo yang terdapat diwajah kita.

Caranya:buatlah masker dengan jeruk nipis yang dicampur dengan minyak almond an gliserin. Oleskan bahan alami ini ke wajah anda, lalu biarkan selama beberapa menit. Lalu bilaslah dengan air hangat. Manfaat dari jeruk
nipis cukup membantu untuk mengobati komedo dan menghilangkan bekas jerawat.

7. Pengobatan alami dengan madu.

Bahan alami seperti madu sangatlah baik digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit termasuk membantu dalam perawatan kulit wajah kita. madu dapat bermanfaat untuk mengobati komedo juga caranya: sebelum pemakaian sebagai masker hangatkan terlebih dahulu madunya, lalu oleskan madu asli ke permukaan wajah anda. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat. Manfaat dari madu adalah sebagai pelembab alami sekaligus mengangkat komedo pada
wajah anda.

Demikian pengobatan-pengobatan alami yang dapat membantu anda untuk mengobati dan menghilangkan komedo di wajah anda. Selamat mencoba!

SUMBER ARTIKEL