MUSTIKA MULTI FUNGSI 2Mungkin ada yang bingung marketing itu apa. Ada yang mencoba menjawabnya dengan definisi misal marketing itu adalah kegiatan menawarkan sesuatu kepada target market. Ada lagi yang menjelaskan marketing sebagai proses komunikasi untuk memberikan informasi barang dan jasa yang terkait dengan kebutuhan dan keinginan orang.

Apapun definisinya, sebenarnya marketing itu sederhana.

Anda bisa tanyakan apa yang orang inginkan. Setelah itu, anda bisa sediakan apa yang mereka inginkan tersebut.

Begitupun kalau anda sudah punya memiliki konsumen. Anda bisa tanyakan apa yang kurang dari produk yang sudah dikonsumsi oleh konsumen anda. Dan penuhi keinginan tersebut.

Demikian juga jika anda ingin untuk merebut suatu pasar. Anda bisa tanyakan apa yang masih kurang dari produk yang telah mereka konsumsi selama ini. Dan penuhi itu.

Intinya adalah mintalah masukan. Apa yang orang inginkan, dan penuhilah itu. Sesungguhnya sangat sederhana bukan?

Banyak pebisnis yang repot dengan membuat pasar baru, atau mencoba membuat produk yang menurut mereka sangatlah bagus. Padahal uang akan datang saat anda temukan pasar, menemukan orang yang menginginkan sesuatu, dan sediakan itu buat mereka.

Karena keinginan manusia ini tak ada habisnya, maka tentu sangat banyak niche yang bisa kita mainkan. Tak terbatas dan semakin banyak.

Jad, kalau ada yang merasa tak tahu harus berjualan apa. Coba tanyakan apa yang dibutuhkan oleh target market anda, dan mulailah sediakan itu.

Simpel kan?

Sumber artikel