Mungkin ada rekan-rekan yang bertanya tentang apa itu svchost.exe dan kenapa file ini banyak sekali muncul pada bagian Processes di Windows XP Task Manager (tekan Ctrl+Alt+Del untuk membuka Task Manager).

Pada gambar dibawah, anda bisa melihat proses apa saja yang berjalan pada komputer saya. Seperti yang anda lihat, terdapat 6 proses yang sama (svchost.exe) yang berjalan pada komputer saya.

4947691288_d5c921bf82

file svchost.exe sebenarnya adalah layanan Windows  layanan yang bertindak sebagai perantara untuk banyak program lain untuk melakukan tugas mereka. Program lain yang dimaksud adalah kode program yang berada di dalam file DLL (dynamic link library).

Dengan kata lain, svchost.exe adalah tool yang dipakai – perantara – dari program yang sebenarnya. Ini seperti fungsi rundll.exe dari Windows 98.

Jika kita ingin melihat sebenarnya proses apa yang dijalankan oleh file-file svchost.exe tersebut, kita tidak bisa menggunakan Task Manager, tapi memerlukan software lain seperti misalnya WinPatrol.

4947338433_3d9f8c0a60MUSTIKA MULTI FUNGSI 2Untuk mengetahui proses apa saja yang di “perantai” oleh file svchost.exe, anda bisa klik pada bagian Services, lalu hilangkan centang pada bagian List non-Microsoft Services only. Dari sini, kita bisa tahu bahwa sebenarnya proses yang berjalan adalah proses-proses yang memang kita perlukan dalam pekerjaan kita sehari-hari.

Setelah anda tahu nama DLL dari proses-proses tersebut, anda bisa melakukan pencarian di google tentang file-file tersebut, jika kiranya anda ingin melakukan sesuatu terhadap file-file ini.

Semoga Bermanfaat.

PENULIS ARTIKEL