MUSTIKA MULTI FUNGSI 2Sejak dimulainya era social media beberapa tahun belakangan ini, diawali dengan menggilanya Friendster, lalu ditenggelamkan oleh Fenomena Facebook, jumlah pemakai internet khususnya di Indonesia melonjak drastis.

Siapapun yang awalnya jarang bersentuhan dengan internet, tiba-tiba merasa wajib memiliki account facebook. Mulai dari anak SD hingga tukang parkir sekarang sudah wall-wall-an.

Masyarakat yang tadinya jarang menghabiskan waktu depan PC atau gadgetnya untuk ber “online” ria, kini pasti mengisi waktu dalam kesempatan apapun untuk ONLINE.

Awalnya hanya fb-an, karena diajak teman, lalu sambil FB-an terseret browsing kanan kiri : buka google, buka youtube, baca ini, baca itu, lihat ini dan segalanya. Singkatnya : Facebook telah membuka jalan lapang para new user untuk memanfaatkan internet – diluar kepentingan sekedar chit-chat atau wall-wallan.

Tahun 2013 jumlah pengguna internet pasti akan semakin berlipat, terlebih saat ini teknologi mobile sudah murah meriah dan bisa dimiliki oleh siapa saja. Bahkan situs dengan mobile version sudah merupakan keharusan untuk menyesuaikan jaman. Apa yang kemudian bisa anda lirik dari peluang ini, terutama untuk rencana bisnis anda di tahun 2013?

Mulailah segera sebuah langkah kecil menjalankan sebuah bisnis online. Ada banyak cara menjalankan bisnis online, dari yang hanya nebeng usaha orang macam afiliasi, dropshiping, ads publisher, hingga yang jualan produk sendiri. Yang terakhir umumnya dilakukan para pelaku bisnis konvensional yang ekspansi ke dunia online.

Jika anda pemula dan bukan pemilik sebuah bisnis konvensional, mencoba “nebeng” dengan bisnis orang lain tidak ada salahnya. Anggap saja anda belajar mengelola bisnis. Bisnis online jenis ini lebih kecil resiko ruginya, karena tidak mengeluarkan biaya, atau jikalaupun harus mengeluarkan biaya, relatif sangat kecil.

Namun, kelemahannya, namanya juga bisnis hanya “nebeng”, masa depan bisnis anda paling banter ditentukan oleh hidup matinya si induk bisnis tersebut. Mereka tutup, ya anda juga tutup! Tapi sekali lagi, jika anda seorang pemula, dianjurkan untuk memulai bisnis online yang “nebeng” terlebih dahulu. Taruhlah tahun 2013 ini anda belajar seluk beluknya, dan tahun depannya anda bisa mulai merintis bisnis milik sendiri dengan cara online.

Ingat : ada ibu-ibu yang bisa bisnis sekedar dropshiping tapi pendapatan bersihnya (ya bersih lah wong cuma dropship), 5 juta/bulan. Ada seorang afiliater yang bisa dapat 15 juta perminggu dll. Jika anda tidak segera memulai, dan tetap di zona nyaman sebagai karyawan, anda akan tergilas oleh zaman!

Dikutip dari : bisnisonline.bebasgaya.com