MUSTIKA MULTI FUNGSI 2Katakan anda sudah punya usaha. Pasti kemudian yang anda pikirkan adalah bagaimana cara mengembangkan usaha itu bukan? Ya, pengembangan usaha pastilah hal yang selalu diupayakan oleh pemilik usaha. Seseorang yang sudah punya usaha pasti tak ingin usahanya jalan di tempat apalagi bangkrut. Pasti yang diinginkan adalah bagaimana cara mengembangkannya agar semakin besar lagi.

Tahu bagaimana caranya?

Yang paling umum dilakukan untuk pengembangan usaha adalah dengan menggenjot omset.

Angka penjualan dikejar agar semakin tinggi dan tinggi. Kalau bulan lalu, katakan anda mencapai 1000 penjualan, maka bulan ini anda upayakan meningkat lebih dari angka itu. Dengan begitu, omset penjualan yang meningkat pasti berdampak pada besarnya hasil yang diperoleh.

Caranya bagaimana?

Dengan promosi yang lebih gencar
Menggelar program-program khusus
Bisa dengan men-stock produk lebih banyak dan lebih beragam
Dengan memberikan pelayanan yang lebih baik

Cara lainnya adalah dengan mengembangkan usaha yang baru. Contoh misalkan kalau sebelumnya anda punya usaha cuci mobil, lalu anda kembangkan lagi dengan membuka warung di sampingnya. Jadinya, usaha anda yang semula tempat cuci mobil, sudah bertambah dengan warung makanan.

Nah, kalau cara menambah usaha ini yang anda lakukan, apa yang sebaiknya anda perhatikan?

Apakah anda hendak membuat usaha yang sama sekali baru atau hendak mengakuisisi usaha yang sebelumnya sudah ada. Contoh warung makanan tadi. Anggap di sebelah usaha cuci mobil anda itu ada warung makan. Nah, apakah anda berniat mengambil-alih usaha tersebut atau membuat sendiri?
Hitung juga berapa modal yang anda perlukan untuk memulai usaha baru itu. Hitung juga biaya operasionalnya. Berapa karyawan yang nantinya anda butuhkan. Makanan apa saja yang anda akan jual. Intinya, segala hal yang nantinya diperlukan saat usaha itu running harus diperhatikan.

Mengembangkan bisnis baru, berarti anda merambah pasar baru, dan tentu saja tantangan baru. Yang pasti, ketika anda hendak mengembangkan suatu usaha, saran saya tak perlu menunggu semuanya sempurna. Ketika anda lihat usaha baru itu sudah siap jalan, langsung ACTION saja!

Sumber : jokosusilo.com