PENDOBRAK JALUR KEUANGANSalah satu jalan masuk bagi virus adalah melalui fitur Autoplay yang ada pada windows di komputer kita. Autoplay ini akan senantiasa menjalankan file pada flashdisk, atau removable lainnya yang masuk ke dalam komputer kita saat kita memasukkannya kedalam komputer kita. Sehingga jika pada flashdisk terdapat file yang terinfeksi virus atau bahkan virus itu sendiri ada pada flashdisk kita, maka secara otomatis virus tersebut akan bekerja pada saat flashdisk kita masukkan pada komputer kita karena fungsi autorun yang ada pada komputer kita itu.

Inilah salah satu kelemahan yang akhirnya disadari oleh pihak pembuat Windows sehingga pada Operating System Windows yang diupdate fitur autorun inipun dihilangkan agar komputer aman dari penyebaran virus melalui media flashdisk. Hal ini sebagaimana berita yang pernah dikutip Detik.com tentang penghapusan fungsi autorun pada windows.

Nah bagi kita yang memiliki komputer dengan OS Windows yang tidak pernah diupdate, kita bisa me-non-aktifkan fungsi autorun tersebut dengan cara:

1. Ketik pada START -> RUN ketik: gpedit.msc

2. Pilih User Configuration

3. Pilih pada Administrative Templates

4. Klik pada System

Klik untuk Memperjelas

5. Klik Double pada Turn Off Autoplay -> pilih ENABLE

Klik untuk Memperjelas

6. Klik OK dan Restart

Sumber : http://alatsar.wordpress.com